Dasar
Hukum Organisasi
Inspektorat Kabupaten Lampung Selatan dibentuk berdasarkan:
a. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor
41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah.
b. Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 64 Tahun
2007 tentang Pedoman Teknis Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat Provinsi dan
Kabupaten/Kota.
c. Peraturan Daerah Nomor 04 Tahun 2010 tentang Pembentukan,
Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Selatan.
d. Peraturan Bupati Lampung Selatan Nomor 09
Tahun 2011 tentang Rincian Tugas Jabatan Inspektorat Kabupaten Lampung Selatan.
Kedudukan
Organisasi
Inspektorat
adalah unsur pengawas penyelenggaraan pemerintahan daerah di kabupaten yang dipimpin
oleh seorang Inspektur, bertanggung jawab langsung kepada Bupati dan secara
teknis administrasi mendapat pembinaan dari Sekretaris Daerah.
Tugas
Pokok dan Fungsi
Inspektorat Kabupaten Lampung Selatan mempunyai
tugas membantu Bupati dalam melaksanakan kerjasama dan koordinasi dibidang
pelaksanaan dan pengendalian pengawasan dengan instansi pemerintah dan
organisasi lainnya sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang
berlaku untuk kelancaran tugas bidang pengawasan, serta tugas pembantuan yang
diberikan oleh Pemerintah maupun Pemerintah Propinsi Lampung.
Untuk melaksanakan tugas tersebut Inspektorat
Kabupaten Lampung Selatan mempunyai fungsi :
a.
Perumusan
kebijaksanan teknis dibidang pengawasan
b.
Pelayanan
penunjang penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten dibidang pengawasan
c.
Pengelolaan
tugas-tugas kesekretariatan.
Visi Inspektorat
Sebagai panduan pencapaian hasil yang optimal dalam
penyelenggaraan tugas pokok dan fungsinya, Inspektorat Kabupaten Lampung
Selatan menetapkan visinya yaitu :
“ Terwujudnya Lembaga Pengawasan yang profesional”
Misi
Inspektorat
Dalam rangka mewujudkan Visi Inspektorat Kabupaten Lampung Selatan tersebut diperlukan
serangkaian Misi sebagai langkah
konkretnya, meliputi:
-
Meningkatkan SDM
pengawasan yang professional;
-
Mendukung terwujudnya
pemerintahan yang akuntabel;
- Meningkatkan kualitas
manajemen pemerintahan yang berorientasi kemitraan dan bertata kelola yang baik;
-
Mendukung
optimalisasi potensi penerimaan negara/daerah dalam pembangunan;
- Meningkatkan Prosedur
Standar Operasional (SOP) Pengawasan dan Pemeriksaan berbasis kinerja;
-
Mewujudkan efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran
pembangunan;
-
Meningkatkan Disiplin
Pegawai;
Program Kerja 2014
1. Reviu Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten TA.2013: 4 Sekretariat, 17 Dinas, 15 Lembaga , 17 Kecamatan;
2. Inventarisasi Hasil Pengawasan TA.2013: Seluruh SKPD yang ada temuannya;
3. Sosialisasi SPIP di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan: Seluruh SKPD;
4. Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2013: Seluruh SKPD;
5. Pemantauan Tindak Lanjut Temuan BPK dan APIP Ekstern lainnya: Seluruh SKPD yang ada temuannya;
6. Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional : INSPEKTORAT;
7. Implementasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi: INSPEKTORAT;
8. Sosialisasi Laporan Pajak-pajak Pribadi dan Workshop PERMENPAN 60 Tahun 2013: Pemkab Lamsel;
9. Monitoring Pegawai Negeri Sipil: Pemkab Lamsel;
10. Bimtek Pengawasan Urusan Pemerintah Daerah dan Bimtek Pengawasan Kebijakan Daerah: INSPEKTORAT;
11. Pelatihan Tekhnis Penyusunan LHP, PKP, KKP dan Bimtek Pengawasan Barang dan Jasa: INSPEKTORAT;
Program Kerja 2014
1. Reviu Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten TA.2013: 4 Sekretariat, 17 Dinas, 15 Lembaga , 17 Kecamatan;
2. Inventarisasi Hasil Pengawasan TA.2013: Seluruh SKPD yang ada temuannya;
3. Sosialisasi SPIP di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan: Seluruh SKPD;
4. Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2013: Seluruh SKPD;
5. Pemantauan Tindak Lanjut Temuan BPK dan APIP Ekstern lainnya: Seluruh SKPD yang ada temuannya;
6. Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional : INSPEKTORAT;
7. Implementasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi: INSPEKTORAT;
8. Sosialisasi Laporan Pajak-pajak Pribadi dan Workshop PERMENPAN 60 Tahun 2013: Pemkab Lamsel;
9. Monitoring Pegawai Negeri Sipil: Pemkab Lamsel;
10. Bimtek Pengawasan Urusan Pemerintah Daerah dan Bimtek Pengawasan Kebijakan Daerah: INSPEKTORAT;
11. Pelatihan Tekhnis Penyusunan LHP, PKP, KKP dan Bimtek Pengawasan Barang dan Jasa: INSPEKTORAT;
Program
kerja Inspektorat Kabupaten Lampung
Selatan secara garis besar tertuang dalam PKPT(Program Kerja Pengawasan
Tahunan) dengan pembiayaan bersumber dari APBD Kabupaten Lampung Selatan tahun
berjalan. Berdasarkan PKPT Inspektorat Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran
2013, kegiatan yang telah
dilaksanakan adalah :
1)
Pemeriksaan
Reguler sesuai PKPT 2013.
Realisasi
Pemeriksaan = 111 Objek Pemeriksaan
Realisasi
Penerbitan LHP = 111 LHP
Rincian
sebagai berikut :
a). LHP Reguler
Irbanwil I yang selesai = 29 Obrik
b). LHP Reguler Irbanwil II yang selesai = 28 Obrik
c). LHP Reguler Irbanwil III yang selesai = 25 Obrik
d). LHP Reguler
Irbanwil IV yang selesai = 29 Obrik
2)
Melaksanakan Program Pemeriksaan kasus-kasus yang
terjadi di wilayah Kabupaten Lampung Selatan yaitu kasus-kasus pengaduan atau Informasi dari
masyarakat yang diterima secara tertulis oleh Pemerintah Daerah Kabupaten
Lampung Selatan.
Pada
tahun 2013 Inspektorat Kabupaten Lampung Selatan telah melakukan pemeriksaan
kasus sebanyak 21 terdiri dari :
● Selesai =
21
● Terbukti = 21
● Tidak
Terbukti = 0
PNS yang mendapat sanksi sesuai PP. 53 Tahun 2010 sebanyak 4 orang
terdiri dari :
● Sanksi Berat = 1
PNS
● Sanksi sedang = 3
PNS
● Sanksi ringan = 0
PNS
Atas pemeriksaan kasus
pengaduan masyarakat terhadap aparat desa tahun 2013 terdapat 2 sanksi yang
dikenakan, yaitu :
● Sanksi Berat = 1 Orang
● Sanksi ringan = 1 Orang
3) Melaksanakan Program Kerja
Monitoring tindak Lanjut atas temuan hasil Pemeriksaan oleh APIP baik dari
BPK-RI, BPKP Perwakilan Provinsi Lampung, Inspektorat Provinsi Lampung maupun
hasil Pemeriksaan Inspektorat Kabupaten Lampung Selatan.
4) Mempersiapkan data dalam rangka
Pemutakhiran data hasil pemeriksaan Aparat Pengawas Intern Pemerintah dalam
jajaran Departemen Dalam Negeri.
5) Pemutakhiran Data Hasil
Pemeriksaan APIP Tahun 2013 di Provinsi Maluku: dengan hasil Valid.
RPKPT T.A 2015 INPEKTORAT KABUPATEN LAMPUNG SELATAN | |||||||||||||||||
AWAL | REVISI | ||||||||||||||||
IRBAN | KECAMATAN | DESA | PKMS | SEKOLAH | IRBAN | DINAS & BAGIAN | KECAMATAN | DESA | PKMS | SEKOLAH | KET | ||||||
SD | SMP | SMA | SD | SMP | SMA | ||||||||||||
I | Kecamatan Penengahan | 22 | 1 | 30 | 4 | 2 | I. (Heri Bastian, S.SOs) | 1. DISHUB | 6. PERTAMBANGAN | Kecamatan Sragi | 10 | 1 | 19 | 4 | 2 | 11.Kesbang | |
Kecamatan Raja Basa | 16 | 1 | 16 | 4 | 2 | 2. PETERNAKAN | 7. RSUD | Kecamatan Katibung | 12 | 2 | 30 | 7 | 1 | ||||
Kecamatan Kalianda | 29 | 2 | 42 | 8 | 10 | 3. SOSIAL TRANS | 8. BPPKB | Kecamatan Jati Agung | 21 | 2 | 47 | 21 | 8 | ||||
Kecamatan Ketapang | 16 | 1 | 27 | 5 | 3 | 4. PDAM | 9.BAG.UMUM | Kecamatan Way Sulan | 8 | 1 | 8 | 3 | 2 | ||||
Kecamatan Bakauheni | 5 | 1 | 10 | 3 | 2 | 5.Ketahan Pangan | 10.BAG.BINA MENTAL | Kecamatan Tanjung Sari | 8 | 1 | 15 | 5 | 4 | ||||
JUMLAH | 88 | 6 | 125 | 24 | 19 | JUMLAH | 59 | 7 | 119 | 40 | 17 | 242 | |||||
II | Kecamatan Way Panji | 4 | 1 | 9 | 4 | - | II. (Suroso Joko Mawasid, S.Sos) | 1. Kominfo | 5.Pendidikan | Kecamatan Ketapang | 16 | 1 | 27 | 5 | 3 | 9.BLHD | |
Kecamatan Sidomulyo | 16 | 1 | 34 | 10 | 5 | 2.Pertanian | 6.BKD | Kecamatan Bakauheni | 5 | 1 | 10 | 3 | 2 | 10.Bag.orgasi | |||
Kecamatan Palas | 21 | 2 | 38 | 6 | 3 | 3.Pariwisata | 7. Sekrt.DPRD | Kecamatan Candipuro | 14 | 1 | 25 | 3 | 4 | 11.Bag.plkpn | |||
Kecamatan sragi | 10 | 1 | 19 | 4 | 2 | 4.Sekrt.KPU | 8. BP4K | Kecamatan Natar | 22 | 4 | 60 | 16 | 18 | 12.Bag.perek | |||
JUMLAH | 51 | 5 | 100 | 24 | 10 | JUMLAH | 57 | 7 | 122 | 27 | 27 | 240 | |||||
III | Kecamatan Merbau Mataram | 15 | 2 | 29 | 8 | 4 | III. (Iskandar Mujadi, SE) | 1.Kehutanan | 5.Kelautan | Kecamatan Raja Basa | 16 | 1 | 16 | 4 | 2 | 9.BPMD | |
Kecamatan Katibung | 12 | 2 | 30 | 7 | 1 | 2.Kesehatan | 6. Pasar &kebershn | Kecamatan Tanjung Bintang | 16 | 1 | 38 | 13 | 5 | 10.Bina Pthn | |||
Kecamatan Way Sulan | 8 | 1 | 8 | 3 | 2 | 3.Koperindag | 7. BPMPPT | Kecamatan Sidomulyo | 16 | 1 | 34 | 10 | 5 | 11.Bag.TUK | |||
Kecamatan Candipuro | 14 | 1 | 25 | 3 | 4 | 4. PU | 8. BPKAD | Kecamatan Penengahan | 22 | 1 | 30 | 4 | 2 | 12.Bag.kesos | |||
JUMLAH | 49 | 6 | 92 | 21 | 11 | JUMLAH | 70 | 4 | 118 | 31 | 14 | 237 | |||||
IV | Kecamatan Natar | 22 | 4 | 60 | 16 | 18 | IV. (Erin Sobri, SE.,MM) | 1.DISPORA | 5. BPBD | Kecamatan Kalianda | 29 | 2 | 42 | 8 | 10 | 9. SATPOLPP | |
Kecamatan Jati Agung | 21 | 2 | 47 | 21 | 8 | 2.ARSIP PERPUS | 6. KORPRI | Kecamatan Way Panji | 4 | 1 | 9 | 4 | - | 10.Bag.otda | |||
Kecamatan Tanjung Sari | 8 | 1 | 15 | 5 | 4 | 3.PERKEBUNAN | 7. BAPPEDA | Kecamatan Palas | 21 | 2 | 38 | 6 | 3 | 11.B.pmbngn | |||
Kecamatan Tanjung Bintang | 16 | 1 | 38 | 13 | 5 | 4. CAPIL | 8. DISPENDA | Kecamatan Merbau Mataram | 15 | 2 | 29 | 8 | 4 | 12.Bag.hkum | |||
JUMLAH | 67 | 8 | 160 | 55 | 35 | JUMLAH | 69 | 7 | 118 | 26 | 17 | 211 | |||||
JUMLAH | 255 | 25 | 477 | 124 | 75 | JUMLAH | 255 | 25 | 477 | 124 | 75 | 930 | |||||
KA. PERENCANAAN |